Halloween party ideas 2015

Bandar Jaya Plaza

Bandar Jaya Plaza Perlu di Lakukan Perubahan

GUNUNG SUGIH-JNNews
Pada umumnya, pasar basah yang sering disebut sebagai pasar tradisional dipandang sebagai daerah yang kotor, sumber kemacetan lalu lintas dan tempat berasalnya para pelaku kriminal. Sejalan dengan bukti nyata peran pasar tradisional ini pada beberapa krisis ekonomi di Indonesia, pemerintah telah menunjukan apresiasi terhadap keberadaannya bagi para pedagang maupun bagi kota atau wilayah layanannya. Pasar tradisional ternyata mempunyai kapasitas yang kuat untuk bertahan pada situasti ekonomi makro yang tidak menentu, dan tidak terpuruk seperti aktivitas ekonomi formal atau aktivitas ekonomi yang berskala besar. Pasar Bandarjaya Plaza  telah berfungsi sebagai jaring penyelamat dan penyedia lapangan kerja bagi sebagian masyarakat. Pada sisi yang lain pasar Bandar Jaya Plaza menyediakan kebutuhan sehari hari dalam jumlah, jenis dan harga yang beragam sehingga sesuai dengan keadaan keuangan yang tidak menentu dari masyarakat Lampung Tengah pada saat krisis. Dari sudut kepentingan pemerintah daerah, pasar Bandar Jaya Plaza memberikan pemasukan yang menerus dan langsung kepada kas pemerintah daerah.

Bandar Jaya Plaza terletak di kota Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Secara administratif, Bandar Jaya terbagi atas 2 kelurahan, yakni Bandar Jaya Barat dan Bandar Jaya Timur. Bandar Jaya Barat terletak di sebelah barat Jalan Negara ( Jalan Raya Lintas Sumatera ) dan Bandar Jaya Timur terletak di sebelah timur Jalan Negara. Di Bandar Jaya terdapat dua pusat perbelanjaan, yaitu Bandar Jaya Plaza dan Chandra Superstore Bandar Jaya. Di sini juga terdapat masjid termegah di Kabupaten Lampung Tengah, yaitu Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya. Masjid ini menjadi pusat peribadatan di Bandar Jaya sekaligus sebagai tempat singgah para musafir. Sebagai salah satu pasar tradisional dalam kota, kawasan sekitar pasar Bandar Jaya Plaza mengalami perkembangan jumlah penduduk yang tinggal di wilayah sekitarnya. Hal itu menuntut tingginya permintaan/kebutuhan masyarakat yang harus disediakan pasar BJP. Upaya revitaliasasi dalam master plan pasar Bandar Jaya Plaza Kabupaten Lampung Tengah harus memperhatikan faktor manajemen pasar, fasiltas parkir dan area luasan lapak pedagang serta yang sangat penting adalah fasilitas yang menjamin pasar tradisional yang bersih, sehat (hygienis), aman, tertib, dan memiliki ruang publik yang nyaman.  Pentingnya penyelengaraan pasar yang bersih dan sehat, maka master plan pasar BJP harus mengakomodasi kebutuhan dan persyaratan dalam pedoman penyelenggaraan pasar sehat (Kepmenkes No. 519 tahun 2008).

Untuk memenuhi kebutuhan pasar Bandar Jaya Plaza  dan sebagai wadah utama bagi untuk memasarkan produksi masyarakat seperti sayur mayur, buah-buahan, perikanan dan garmen dan lain lain, menjadikan pasar bersih dan sehat bagi masyarakat, menjadikan pasar tradisional sebagai urat nadi perekonomian daerah. Program pembangunan dan pengelolaan pasar Bandar Jaya Plaza menjadikan pasar yang meningkatkan kesejahteraan pedagang, dan petani/nelayan. Rencana tapak pemanfaatan ruang untuk pembangunan pasar mewujudkan pelayanan Prima kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam rencana umum pengembangan pasar. Maksud tujuan sasaran Pemanfaatan ruang blok-blok pasar di lantai dua Bandar Jaya Plaza yang masih kosong akan memberikan manfaat besar bagi pendapat daerah serta memberikan peluang penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya terutama para kaum muda yang lebih banyak mengadu nasib di negeri orang  serta akan meningkatnya pendapatan daerah.

Bila Pasar Bandar Jaya Plaza dilakukan perubahan dengan tampilan yang indah berornamen khas budaya Lampung akan memberikan suatu arti karya seni yang besar hal ini bila pemerintah daerah serius menaganinya tentu akan menarik minat para pemodal untuk menginvestasikan modalnya di Lampung Tengah yang tentu pemerintah daerah juga harus bisa memberikan garansi keamanan pada pemilik modal dan para pelaku bisnis lainnya.

Sempitnya ruang parkir dan seringnya tumpukan sampah telat dibersihkan oleh dinas terkait serta rawannya keamanan pasar terutama pada waktu-waktu tertentu menjadi keluhan bagi para pengunjung pasar yang berdampak lemahnya transakasi jual beli dan sepertinya masyarkat enggan berbelanja ke pasar Bandar Jaya Plaza terutama masyarakat dari kalangan ekonomi menengah dan atas. Kelengkapan variasi kebutuhan baik sekunder maupun primer masyarakat juga menjadi alasan kuat bagi masyarakat Lampung Tengah untuk berbelanja ke luar Kabupaten Lampung Tengah dan mereka lebih memilih berbelanja ke kota Bandar Lampung yang terkadang nilai belanja itu sendiri tidak terlalu besar. (adv)


Posting Komentar

  1. sepakat... terlebih untuk pedagang kecil yang tidak mampu menyewa kios di plaza bandar jaya, dan menempati sebagian jalan raya disekitar plaza,seharusnya ada penanganan dan pemberian solusi dari pihak yg berwenang dlm pengelolaannya.. :)

    BalasHapus

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.